Langsung ke konten utama

Surabaya Abaikan Publik Seni

Reporter : Ribut Wijoto

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai metropolitan, Surabaya belum hadir dalam citranya sebagai kota seni. Sebaliknya, Surabaya cenderung mengabaikan publik seni. Surabaya belum mampu memberikan sebuah pelayanan berstandar bagi masyarakat yang membutuhkan sentuhan dunia artistik.

Demikian diungkapkan oleh pemerhati seni, Imam Muhtarom, ketika berbincang dengan beritajatim.com, Sabtu (9/4/2011). “Berbeda dengan Yogyakarta, Jakarta, maupun Bandung. Di sana, masyarakat lebih mendapat pelayanan seni yang berstandar. Di Surabaya, infrastruktur itu belum ada. Bahkan, Surabaya cenderung mengabaikannya,” kata penulis buku prosa Rumah yang Tampak Biru oleh Cahaya Bulan ini.

Dipaparkannya, salah satu pelayanan terhadap publik seni ditandai dengan adanya kegiatan yang terjadwal secara ajek. “Misalkan sebulan sekali, ada pentas drama di Taman Budaya Jawa Timur atau di kompleks Balai Pemuda. Sehingga, masyarakat punya kepastian tempat dan tanggal untuk menikmati seni,” tutur Imam yang sempat lama menjadi editor buku di Jakarta.

Dia memberikan contoh pelayanan seni di Jakarta. Di kompleks Taman Ismail Marzuki, hampir tiap malam ada pementasan seni pertunjukkan. Begitupula dengan acara sastra maupun diskusi seni. “Ada pengelolaan yang terencana di TIM. Pertunjukkan ada, diskusi ada, dan wacana maupun hiburan bisa diperoleh di sana. Begitu juga di Yogyakarta maupun Bandung. Situasi itu tidak saya temui di Surabaya,” katanya.

Kota Surabaya, imbuh dosen di salah satu PTS ini, memang memiliki beberapa agenda seni yang lumayan besar. Semisal Festival Seni Surabaya, Pasar Seni Lukis, Surabaya Full Music, Biennale Jatim, dan lain-lain. Hanya saja, keberadaan even tersebut belum mampu menjawab kebutuhan pelayanan seni bagi publik.

Alasannya, even bersifat tahunan. Sehingga, banyak bulan-bulan kosong maupun minggu-minggu kosong tanpa acara seni. Seyogyanya, dalam setiap minggu, masyarakat bisa disuguhi kegiatan seni. “Dalam setiap minggu dan setiap bulan, masyarakat seharusnya diberi kesempatan untuk memilih acara seni. Sedang di sini, jangankan pilihan, acara seni yang bagus pun jarang-jarang,” katanya.

Lantas, siapakah yang layak disalahkan dari problem seni di Surabaya? “Ini tanggung jawab bersama. Namun, Pemerintah yang lebih punya tanggung jawab. Saya andaikan, tanggung jawab seniman lebih pada bagaimana memproduksi karya secara bagus. Kalau seniman dituntut memikirkan penyediaan infrastuktur dan pengelolaannya, fokus dia tentu bisa pecah. Selain pemerintah, dibutuhkan pula orang yang bisa memanajeri dunia seni,” paparnya.

Kerap kali, kata Imam, seni membutuhkan orang-orang yang tidak bergerak di produksi karya. Tetapi, orang yang konsen pada pengelolaan atau manajemen. “Saya punya seorang teman di Jakarta. Dia tidak punya basic seni. Meski begitu, dia memiliki semangat tinggi untuk mengelola kesenian. Toh akhirnya, dia berhasil. Saat ini, dia termasuk salah satu orang yang dipercaya untuk menjadi kurator di Galeri Nasional,” tuturnya.

Penggiat Forum Studi Sastra dan Seni Luar Pagar ini menengarai, seni dipahami secara kurang tepat di Surabaya. Dunia seni dianggap tidak mendatangkan profit dan sulit menyedot perhatian masyarakat luas. Dengan pemahaman yang salah tersebut, ratusan perusahaan besar yang berada di Surabaya menjadi sia-sia. Tidak dimaksimalkan untuk kerjasama membangun kesenian.

“Di TIM, dalam sehari, perputaran uang mencapai puluhan juta rupiah. Dalam acara-acara tertentu, masyarakat rela membeli tiket seharga Rp 750 ribu. Misalnya pada pertunjukkan Laskar Pelangi. Itu artinya, jika dikelola secara profesional, seni juga menghasilkan uang besar,” paparnya.

Dia akhir pembicaraan, Imam berharap kehadiran gedung baru di kompleks Balai Pemuda bisa menandai pemberian layanan seni berstandar di Surabaya. “Jangan seperti gedung utama, acara paling sering bukan pentas seni, justru resepsi pengantin. UPTD jangan hanya kejar setoran, mereka harus memaksimalkan peran kurator,” tandasnya. [but]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perihal Membaca Puisi

beberapa waktu lalu saya, entah beruntung atau untung, menjadi juri lomba baca puisi di beberapa tempat. yakni di kampus dan di departemen agama Sidoarjo. untungnya dari Depag saya mendapat honor juri (hehehe...) namun sangat disayangkan di kampus nihil. maksud saya nihil honor. apa boleh buat, saya harus menempatkannya sebagai nasionalisme. ternyata ada beberapa pokok yang harus saya garis bawahi. lomba baca puisi atawa deklamasi ternyata masih tetap diartikan sebagai parade teriak-teriak. mengapa? sungguh sebagian besar peserta edan dengan cara berteriak. ya mungkin mitos bahwa baca puisi harus diselingi dengan teriak itulah yang masih tertanam di sebagian pikiran peserta. lantas, bagaimana dengan peserta yang tidak bengok-bengok? bagus. katakanlah ada suatu penempatan situasi. kapan puisi harus dibaca keras dan pelan. sebagian peserta baca puisi abai dengan hal ini. selanjutnya ada pola yang sama yang saya perhatikan. bagaimana sebagian peserta selalu mengucapkan kata...puisi X...bu...

Puisi-puisi Dorothea Rosa Herliany (puisi lama)

MISA SEPANJANG HARI setelah letih merentang perjalanan, kita sampai di perempatan sejarah. menghitung masasilam dan merekareka masadatang. segala yang telah kita lakukan sebagai dosa, berhimpithimpitan dalam album. berebut di antara mazmurmazmur dan doa. dan kita pun belum putuskan perjalanan atau kembali pulang. katakata gugur jadi rintihan. percakapan berdesis dalam isakan. keringat anyir dan darah bersatu menawar dahagamu yang terlampau kental. engkau imani taubatku yang mengering di antara dengkur dan igauan. tubuh beku di antara altaraltar dan bangkupanjang. di antara mazmur dan suara anggur dituangkan. di seberang mimpi, pancuran dan sungai mati dengan sendirinya. tibatiba kaupadamkan cahaya itu. ruang ini gelap. aku raba dan kucaricari tongkat si buta. kutemukan cahaya dalam fikiranku sendiri. pejalan beriringan di antara gang dan musim yang tersesat. kunyalakan cahaya dalam hatiku. biarlah jika akhirnya membakar seluruh ayat dan syair yang lupa kukemasi. 1992 IBADAH SEPAROH USI...

Togog

Togog adalah tokoh wayang yang digunakan pada lakon apapun juga di pihak raksasa. Ia sebagai pelopor petunjuk jalan pada waktu raksasa yang diikutinya berjalan ke negeri lain. Pengetahuan Togog dalam hal ini, karena ia menjelajah banyak negeri dengan menghambakan dirinya, dan sebentar kemudian pindah pada majikan yang lain hingga tak mempunyai kesetiaan. Karena itu kelakuan Togog sering diumpamakan pada seseorang yang tidak setia pada pekerjaannya dan sering berganti majikan. Ia bersahabat dengan Semar dan terhitung lebih tua Togog daripada Semar, maka Semar memanggil Togog dengan sebutan Kang Togok. Di mana Togog menghamba tentu dipercaya oleh sang majikan untuk memerintah bala tentara yang akan berangkat ke negeri lain. Waktu ia mendapat perintah untuk memberangkatkan bala tentara tersebut, dalang akan mengucapkan kata-kata sebagai berikut: Tersebutlah lurah Wijayamantri (Togog) telah tiba di tempat para raksasa berkumpul, memerintahkan kepada Klek-engklek Balung atandak untuk bersia...